Ini Makanan untuk Sahur yang Membuat Tahan Lapar Selama Puasa

Makanan untuk Sahur yang Membuat Kenyang Lama
Ibadah puasa di bulan Ramadhan merupakan kesempatan yang datang setahun sekali sehingga sangat ditunggu-tunggu kedatangannya. dalam menjalankan puasa, tentu kita sebagai umat Muslim ingin puasa yang dijalani lancar dan tidak ada halangan apapun yang bisa mengganggu jalannya puasa.

Godaan yang paling umum saat berpuasa adalah munculnya rasa lapar pada siang hari. Ketika jam buka masih cukup lama, ini bisa menjadi godaan yang membuat orang puasa sering tidak tahan. Untuk menghindari rasa lapar saat puasa, solusinya yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat yang memiliki kandungan serat tinggi ketika makan sahur. Menu makanan untuk sahur yang membuat kenyang lebih lama akan menjadikan perut tahan lapar. Selain itu, proses pencernaan makanan pada usus juga menjadi lebih sehat karena makanan yang kaya serat.
Makanan sehat untuk sahur
Berikut ini merupakan beberapa pilihan makanan sehat yang bisa dimasukkan ke dalam menu saat sahur. Makanan berikut bisa Anda konsumsi saat sahur untuk sehingga membuat perut kenyang lebih lama.

Oatmeal

Oatmeal bisa menjadi makanan praktis yang bisa dikonsumsi ketika Anda terlambat bangun sahur. Daripada makan mie instant, lebih baik pilih oatmeal sebagai makanan sehat dan paraktis ketika sahur. Oatmeal memiliki kandungan serat lebih banyak sehingga akan membuat perut Anda kenyang lebih lama. Cara mengonsumsi oatmeal yang terbaik yaitu dengan disiram susu cair. Perpaduan susu dan oatmeal akan mencukupi asupan protein yang cukup bagi tubuh. Perut akan terasa kenyang lebih awet sekaligus mencukupi kebutuhan nutrisi bagi tubuh hingga waktu berbuka.

Telur

Mengonsumsi telur saat sahur bisa menunda lapar hingga tiba waktu berbuka. Telur merupakan makanan sehat dan praktis yang bisa Anda pilih ketika makan sahur untuk memenuhi kebutuhan energi selama berpuasa. Telur bisa menjadi menu makanan untuk sahur yang bisa membuat kenyang lebih lama karena memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Selain itu, mengonsumsi telur juga cukup sehat dan memberi energi yang cukup agar tidak lemas ketika berpuasa.

Kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang juga bisa menjadi makanan untuk sahur yang membuat perut kenyang lebih lama. jenis kacang-kacangan memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga membuat perut lebih tahan lapar karena mampu mengontrol keinginan untuk makan. Selain itu, kacang-kacangan juga kaya akan serat, antioksidan, vitamin B dan zat besi yang baik untuk tubuh terlebih saat puasa.

Alpukat

Aplukat sering menjadi buah yang ditakuti oleh pelaku diet karena mengandung lemak. Memang tak salah jika alpukat memiliki kandungan lemak di dalamnya, akan tetapi lemak yang terkandung pada buah alpukat adalah lemak yang baik dan bermanfaat untuk kesehatan. Alpukat termasuk makanan yang bisa menahan lapar dan bisa menjadi buah yang baik untuk diet.

Apel

Buah ini begitu populer dan sangat mudah ditemukan. Anda bisa mengonsumsi buah apel ketika sahur agar perut merasa kenyang dalam waktu yang lama ketika berpuasa. Manfaat buah apel juga bisa menjadikan tubuh tetap segar selama menjalani puasa. Karena itu, memasukkan apel ke dalam menu sahur merupakan hal yang baik dilakukan.

Air Putih

Asupan air putih yang cukup dapat membuat tubuh terhidrasi dengan baik, jika tubuh terhidrasi dengan baik, maka dapat berefek baik pada tubuh yang merasa lebih segar sepanjang hari dan menambah energi. Minum air putih dan konsumsi jus tanpa gula amat dianjurkan saat sahur. Sementara konsumsi kopi dan teh manis malah membuat tubuh mengalami kekurangan cairan, karena sifatnya yang diuretik atau merangsang terus buang air kecil.

Sup

Sup adalah menu yang paling dianjurkan saat waktu sahur, karena kandungan protein dan sayuran didalamnya. Selain itu, mengkonsumsi sup saat sahur dapat membuat perut anda tetap terasa penuh.

Itulah dia beberapa menu makanan yang baik dan dianjurkan untuk dikonsumsi sewaktu sahur. Dengan menu makan yang berkualitas saat sahur, maka akan menjaga anda tetap segar sepanjang hari.

Makanan untuk sahur yang akan membuat perut kenyang lebih awet ini bisa Anda pilih ketika sahur. Tapi yang lebih penting, niati puasa dengan ikhlas agar ibadah yang dijalani juga akan menyenangkan sehingga Anda terhindar dari rasa lapar.

Posting Komentar

0 Komentar